TINDAKAN SOSIAL

Materi berikut sering keluar pada ujian nasional, olimpiade, dan SBMPTN pada mata pelajaran Sosiologi. Oleh sebab itu saya share disini terkait pengertian dan tipe-tipe tindakan sosial beserta contohnya secara singkat, sebagai berikut:



Tindakan sosial merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan menarik orang lain agar memerhatikannya. Oleh sebab itu tindakan sosial dilakukan manusia dalam kondisi sadar.


Tipe-tipe Tindakan Sosial
Adapun tipe-tipe tindakan sosial, yakni:


  1. Tindakan rasional instrumental
Tindakan ini dilakukan seseorang dengan memerhitungkan kesesuaian cara yang digunakan dan tujuan yang akan dicapai. Tindakan rasional instrumental dilakukan secara sadar, melalui proses yang sistematis dan teratur untuk mencapai tujuan.

Contoh: Ketika siswa yang akan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi dan memutuskan memilih jurusan tertentu. Keputusan yang diambil tersebut dilakukan dengan berbagai macam pertimbangan, seperti peluang untuk diterima, kemampuannya, persaingan masuk jurusan tersebut, dan peminat pada perguruan tinggi tersebut.

  1. Tindakan rasional berorientasi nilai
Tindakan ini bersifat rasional dan memperhatikan manfaatnya, namun tidak mementingkan tujuan yang hendak dicapai. Tindakan ini biasanya diakaitkan dengan nilai dasar yang hidup di masyarakat.

Contoh: memberi bantuan secara sukarela kepada korban bencana alam. Tujuan akhir dari tindakan ini umumnya tidak diperhitungkan, namun nilai solidaritas merupakan nilai yang baik di mata masyarakat.

  1. Tindakan tradisional
Tindakan ini merupakan suatu tindakan yang dilakukan semata-mata mengikuti tradisi atau kebiasaan yang sudah baku.

Contoh: Mudik saat lebaran dengan tujuan berjumpa dengan sanak saudara, kerabat di kampung halaman.

  1. Tindakan afektif
Tindakan ini merupakan tindakan yang sebagian besar dikuasai oleh perasaan tanpa pertimbangan akal sehat.

Contoh: Merasa sedih ketika diputus pacarnya.

Semoga membantu anda dalam memahami.

Read Users' Comments (1)comments

1 Response to "TINDAKAN SOSIAL"

  1. INTERIOR JAKARTA says:
    March 13, 2017 at 10:24 PM

    nice blog, thanks infonya :)

Post a Comment