RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Oleh: Hadrianus Oswin Jaya Yonata (L/BB/
110721435038)
SMA :
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2.
Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mendeskripsikan sejarah pembentukan bumi
- Mengidentifikasi karakteristik lapisan
bumi
Alokasi Waktu : 1 x 60 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi
-
Menjelaskan
karakteristik lapisan bumi
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Sejarah
Pembentukan Bumi
-
Karakteristik
Lapisan Bumi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan,
praktikum, tugas kelompok.
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
OHP /
Slide Proyektor
-
Gambar
struktur lapisan bumi
-
Internet
-
Kertas gambar
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
gambar lapisan bumi dan mengidentifikasi karakteristiknya
|
·
Membaca
dan menyusun secara kronologis sejarah pembentukan muka bumi
|
·
Siswa
dapat Kerjakanlah soal-soal evaluasi bab tentang Pembentukan Muka Bumi!
·
Siswa
dapat Jelaskan lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya!
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan tentang bentuk-bentuk muka bumi.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi dari berbagai
referensi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru
menjelaskan karakteristik lapisan bumi dengan menggunakan gambar struktur
lapisan bumi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara individu: mengerjakan soal evaluasi akhir bab mengenai Pembentukan Muka
Bumi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan
secara kelompok: menggambar peta di secarik kertas gambar/ mencetak peta dunia,
lalu menggabungkan gambar peta.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
·
Presentasi
secara kelompok tentang materi yang sudah disampaikan guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja tim,
kritis, eksplorasi potensi).
3.
Kegiatan
Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
soal evaluasi.
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)"
Post a Comment