RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Oleh: Hadrianus Oswin Jaya Yonata (L/BB/ 110721435038)

SMA                                       :  
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Mendeskripsikan sejarah pembentukan bumi
-       Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi
Alokasi Waktu                        : 1 x 60 menit


A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi
-          Menjelaskan karakteristik lapisan bumi
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Sejarah Pembentukan Bumi
-          Karakteristik Lapisan Bumi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan, praktikum, tugas kelompok.

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Gambar struktur lapisan bumi
-          Internet
-          Kertas gambar




Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati gambar lapisan bumi dan mengidentifikasi karakteristiknya
·        Membaca dan menyusun secara kronologis sejarah pembentukan muka bumi
·        Siswa dapat Kerjakanlah soal-soal evaluasi bab tentang Pembentukan Muka Bumi!
·        Siswa dapat Jelaskan lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya!

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan tentang bentuk-bentuk muka bumi.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi dari berbagai referensi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru menjelaskan karakteristik lapisan bumi dengan menggunakan gambar struktur lapisan bumi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara individu: mengerjakan soal evaluasi akhir bab mengenai Pembentukan Muka Bumi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan secara kelompok: menggambar peta di secarik kertas gambar/ mencetak peta dunia, lalu menggabungkan gambar peta.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·         Presentasi secara kelompok tentang materi yang sudah disampaikan guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja tim, kritis, eksplorasi potensi).
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
-          Penilaian soal evaluasi.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)"

Post a Comment