CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM K-13
Satuan Pendidikan : SMA Katolik St. Albertus Malang
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Semester : X / 1 (Satu)
Alokasi Waktu :
1 x 2 jam pelajaran
A. Kompetensi Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
- Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi dan Antropologi dalam memahami hubungan sosial antar individu dan kelompok.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Sikap
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Mengembangkan perilaku positif sesuai kepribadiannya.
Kompetensi Pengetahuan
- Memiliki pengetahuan mengenai kepribadian individu dan perkembangannya yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah sosial dalam bersosialisasi di masyarakat sekitarnya.
Kompetensi Ketrampilan
- Memiliki ketrampilan sosial dari perwujudan kepribadian yang baik dalam bentuk aktif di lingkungan sosialnya.
D.
Materi Pembelajaran
D.1. Pengertian Kepribadian
1.
Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli
2.
Unsur-unsur Kepribadian
3. Tipe
Kepribadian
D.2. Perkembangan Kepribadian
1.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kepribadian
E. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
peserta didik secara fisik (presensi) dan mental (doa)
b.
Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam.
c.
Memotivasi
siswa agar antusias dalam mengikuti pembelajaran pada materi Kepribadian.
d.
Menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik dalam membahas materi: Game
Dalai Lama Personality Test, Mengomunikasikan tentang diri siswa, dan Tanya
Jawab materi.
e.
Menjelaskan
penilaian pada materi ini.
·
Kognitif:
mengikuti game sesuai instruksi guru.
·
Afektif:
perilaku saat pembelajaran (tanggung jawab), kedisiplinan dalam mengikuti
game sesuai instruksi, kejujuran saat berbicara dan mengerjakan instruksi
dari guru (jujur).
·
Psikomotorik:
menuliskan dan mengumpulkan hasil game dalai lama personality test dan
mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
15 menit
|
2. Kegiatan Inti
a. Mengamati
·
Peserta
didik diminta mengamati gambar dan menuliskan satu kata sifat yang
mendeskripsikan gambar tersebut.
·
Peserta
didik diminta merefleksikan diri dan mengamati sifat-sifat yang ada dalam
dirinya, baik itu kelebihannya dan kelemahannya.
b. Menanya
·
Melalui bimbingan guru, peserta didik
diajak bertanya apa itu kepribadian dan
perkembangan kepribadian
c. Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik diajak menggali informasi tentang pengertian
kepribadian dari para ahli maupun pendapat pribadi dan perkembangan
kepribadian.
d. Mengasosiasikan/mengolah informasi
·
Peserta
didik diminta membuat kesimpulan tentang pengertian kepribadian dan
mencontohkan faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan kepribadian secara
tertulis.
e. Mengkomunikasikan
·
Peserta didik
mengomunikasikan kesimpulan pengertian kepribadian dan contoh dari faktor yang menyebabkan perkembangan
kepribadian dihadapan peserta didik lainnya.
|
60 menit
|
3. Kegiatan Penutup
a. Peserta didik diajak merefresh point penting
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
b. Guru memberikan pesan nilai moral yang dapat dipetik dari
pembelajaran hari ini.
c. Peserta didik memimpin doa penutup dan salam penutup.
|
15 menit
|
F. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian menggunakan penilaian autentik
(meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan). Format penilaian dapat
dilihat sebagai berikut:
1.
Penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spiritual
( 1 – 4 )
|
Sikap Sosial
|
Jumlah
Skor
|
||
Jujur
( 1 – 4 )
|
Tanggungjawab
( 1 – 4 )
|
Disiplin
( 1 – 4 )
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
a) Sikap Spiritual
Indikator sikap spiritual:
-
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
pembelajaran
-
Memberi salam pada saat awal dan akhir
presentasi sesuai agama yang dianut
-
Saling menghormati, toleransi
-
Memelihara hubungan baik dengan sesama
teman sekelas.
Rubrik
pemberian skor:
4
= jika siswa melakukan 4 (empat)
kegiatan tersebut
3
= jika siswa melakukan 3 (empat)
kegiatan tersebut
2
= jika siswa melakukan 2 (empat)
kegiatan tersebut
1
= jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.
b) Sikap Sosial
1) Sikap jujur
Indikator
sikap sosial “jujur”
- Tidak
berbohong
- Mengembalikan
kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
- Tidak
nyontek, tidak plagiat
- Terus
terang
Rubrik
pemberian skor:
4
= jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3
= jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
2
= jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
1
= jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.
|
Indikator
sikap sosial “tanggung jawab”
- Menyelesaikan
tugas dengan baik
- Bisa
dipercaya
- Aktif
dalam pembelajaran
- Bisa
bekerjasama dengan orang lain
3) Sikap disiplin
Indikator
sikap sosial “disiplin”
-
Tepat waktu masuk kelas
-
Tepat waktu mengumpulkan tugas
-
Aktif dalam pembelajaran
-
Antusias dalam pembelajaran
Rubrik
pemberian skor
4
= jika siswa melakukan 4 (empat)
kegiatan tersebut
3
= jika siswa melakukan 3 (empat)
kegiatan tersebut
2
= jika siswa melakukan 2 (empat)
kegiatan tersebut
1 = jika siswa
melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.
2. Penilaian Pengetahuan
2.1
Mengerjakan LKS yang telah ditugaskan (Terlampir).
3. Penilaian Ketrampilan
Rubrik penilaian
untuk ketrampilan ialah membuat ringkasan materi sederhana, dengan format
penilaian sebagai berikut:
No.
|
Nama
|
Sistematika
1-4
|
Kelengkapan
1-4
|
Pemberian
Contoh
1-4
|
Kebahasaan
1-4
|
Jumlah
Skor
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Nilai
= Jumlah skor dibagi 4
Keterangan:
- Ketrampilan siswa dalam rubrik penilaian disini dipahami sebagai cara siswa memperoleh pengetahuan tentang kepribadian dan mengolah teori kepribadian yang ada dengan contoh aplikatif, runtut (sistematis), dan ketrampilan menggunakan bahasa yang efektif.
- Sistematika, kelengkapan, pemberian contoh, dan kebahasaan digunakan sebagai indikator penilaian. Berikut penjelasannya:
1.
Sistematika
merujuk pada cara siswa menulis catatan yang runtut sehingga konsepnya dapat
dipahami bagi pembaca lain.
2.
Kelengkapan
artinya penilaian yang melihat kedetailan dari catatan siswa.
3.
Pemberian
contoh merupakan penilaian yang melihat dari ketepatan pemberian contoh siswa
pada materi yang dibahas.
4.
Kebahasaan
menunjukkan ketrampilan siswa dalam memilih kata, dan menyusun kalimat dalam
catatan, sehingga mudah dipahami.
- Skor rentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
G.
Media/
Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
- Media/Alat:
a.
Gambar
penggambaran Kepribadian
b.
Game
Dalai Lama Personality Test
c.
Laptop
dan Proyektor
- Sumber Belajar:
a.
Solawene,
Ireneus. 2015. Sosiologi 1. Malang:
DempoPress.
b.
Soekanto,
Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
c.
Triyono,
Slamet & Hermanto. 2014. Sosiologi SMA/ MA Kelas X Kelompok Peminatan
Ilmu-ilmu Sosial. Bandung: PT. Srikandi Empat Widya Utama.
Malang, 06 Nopember 2015
Mengetahui
Kepala SMA Katolik St.
Albertus
Br. Antonius Sumardi,
O.Carm.
|
Guru Mata Pelajaran
Hadrianus Oswin J.Y.
|
0 Response to "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM K-13"
Post a Comment