CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM K-13



Satuan Pendidikan      : SMA Katolik St. Albertus Malang
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Semester          : X / 1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 1 x 2 jam pelajaran

A.    Kompetensi Inti
KI 1      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
  1. Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi dan Antropologi dalam memahami hubungan sosial antar individu dan kelompok.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Sikap
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Mengembangkan perilaku positif sesuai kepribadiannya.
Kompetensi Pengetahuan
  1. Memiliki pengetahuan mengenai kepribadian individu dan perkembangannya yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah sosial dalam bersosialisasi di masyarakat sekitarnya.
Kompetensi Ketrampilan
  1. Memiliki ketrampilan sosial dari perwujudan kepribadian yang baik dalam bentuk aktif di lingkungan sosialnya.

D.    Materi Pembelajaran
D.1. Pengertian Kepribadian
1. Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli
2. Unsur-unsur Kepribadian
3. Tipe Kepribadian
D.2. Perkembangan Kepribadian
1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kepribadian

E.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan peserta didik secara fisik (presensi) dan mental (doa)
b.      Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
c.       Memotivasi siswa agar antusias dalam mengikuti pembelajaran pada materi Kepribadian.
d.      Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik dalam membahas materi: Game Dalai Lama Personality Test, Mengomunikasikan tentang diri siswa, dan Tanya Jawab materi.
e.       Menjelaskan penilaian pada materi ini.
·         Kognitif: mengikuti game sesuai instruksi guru.
·         Afektif: perilaku saat pembelajaran (tanggung jawab), kedisiplinan dalam mengikuti game sesuai instruksi, kejujuran saat berbicara dan mengerjakan instruksi dari guru (jujur).
·         Psikomotorik: menuliskan dan mengumpulkan hasil game dalai lama personality test dan mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS)
15 menit
2. Kegiatan Inti
a.       Mengamati
·         Peserta didik diminta mengamati gambar dan menuliskan satu kata sifat yang mendeskripsikan gambar tersebut.
·         Peserta didik diminta merefleksikan diri dan mengamati sifat-sifat yang ada dalam dirinya, baik itu kelebihannya dan kelemahannya.
b.      Menanya
·         Melalui bimbingan guru, peserta didik diajak bertanya apa itu kepribadian dan perkembangan kepribadian
c.       Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik diajak menggali informasi tentang pengertian kepribadian dari para ahli maupun pendapat pribadi dan perkembangan kepribadian.
d.      Mengasosiasikan/mengolah informasi
·         Peserta didik diminta membuat kesimpulan tentang pengertian kepribadian dan mencontohkan faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan kepribadian secara tertulis.
e.       Mengkomunikasikan
·         Peserta didik mengomunikasikan kesimpulan pengertian kepribadian dan contoh dari faktor yang menyebabkan perkembangan kepribadian dihadapan peserta didik lainnya.
60 menit
3. Kegiatan Penutup
a.       Peserta didik diajak merefresh point penting pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
b.      Guru memberikan pesan nilai moral yang dapat dipetik dari pembelajaran hari ini.
c.       Peserta didik memimpin doa penutup dan salam penutup.
15 menit

F.     Penilaian Hasil Belajar
Penilaian menggunakan penilaian autentik (meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan). Format penilaian dapat dilihat sebagai berikut:

1.        Penilaian sikap
No
Nama
Sikap Spiritual
( 1 – 4 )
Sikap Sosial
Jumlah
Skor

Jujur
( 1 – 4 )
Tanggungjawab
( 1 – 4 )
Disiplin
( 1 – 4 )
1






2






3







a)      Sikap Spiritual
Indikator sikap spiritual:
-        Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
-        Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
-        Saling menghormati, toleransi
-        Memelihara hubungan baik dengan sesama teman sekelas.

Rubrik pemberian skor:
4 = jika siswa melakukan   4 (empat) kegiatan tersebut
3 = jika siswa melakukan   3 (empat) kegiatan tersebut
2 = jika siswa melakukan   2 (empat) kegiatan tersebut
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.

b)     Sikap Sosial
1) Sikap jujur
Indikator sikap sosial “jujur”
-  Tidak berbohong
-  Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
-  Tidak nyontek, tidak plagiat
-  Terus terang
Rubrik pemberian skor:
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.

Rubrik pemberian skor
4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3 = jika siswa melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
2 = jika siswa melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tsb

 
2) Sikap tanggung jawab
Indikator sikap sosial “tanggung jawab”
-  Menyelesaikan tugas dengan baik
-  Bisa dipercaya
-  Aktif dalam pembelajaran
-  Bisa bekerjasama dengan orang lain

3) Sikap disiplin
Indikator sikap sosial “disiplin”
-       Tepat waktu masuk kelas
-       Tepat waktu mengumpulkan tugas
-       Aktif dalam pembelajaran
-       Antusias dalam pembelajaran
Rubrik pemberian skor
4 = jika siswa melakukan   4 (empat) kegiatan tersebut
3 = jika siswa melakukan   3 (empat) kegiatan tersebut
2 = jika siswa melakukan   2 (empat) kegiatan tersebut
1 = jika siswa melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut.

            2. Penilaian Pengetahuan
            2.1 Mengerjakan LKS yang telah ditugaskan (Terlampir).
            3. Penilaian Ketrampilan
Rubrik penilaian untuk ketrampilan ialah membuat ringkasan materi sederhana, dengan format penilaian sebagai berikut:
No.
Nama
Sistematika
1-4
Kelengkapan
1-4
Pemberian Contoh
1-4
Kebahasaan
1-4

Jumlah Skor

1






2






3






4






5






            Nilai = Jumlah skor dibagi 4
            Keterangan:
  1. Ketrampilan siswa dalam rubrik penilaian disini dipahami sebagai cara siswa memperoleh pengetahuan tentang kepribadian dan mengolah teori kepribadian yang ada dengan contoh aplikatif, runtut (sistematis), dan ketrampilan menggunakan bahasa yang efektif.
  2. Sistematika, kelengkapan, pemberian contoh, dan kebahasaan digunakan sebagai indikator penilaian. Berikut penjelasannya:
1.      Sistematika merujuk pada cara siswa menulis catatan yang runtut sehingga konsepnya dapat dipahami bagi pembaca lain.
2.      Kelengkapan artinya penilaian yang melihat kedetailan dari catatan siswa.
3.      Pemberian contoh merupakan penilaian yang melihat dari ketepatan pemberian contoh siswa pada materi yang dibahas.
4.      Kebahasaan menunjukkan ketrampilan siswa dalam memilih kata, dan menyusun kalimat dalam catatan, sehingga mudah dipahami.
  1. Skor rentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
G.    Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
  1. Media/Alat:
a.       Gambar penggambaran Kepribadian
b.      Game Dalai Lama Personality Test
c.       Laptop dan Proyektor
  1. Sumber Belajar:
a.       Solawene, Ireneus. 2015. Sosiologi 1. Malang: DempoPress.
b.      Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
c.       Triyono, Slamet & Hermanto. 2014. Sosiologi SMA/ MA Kelas X Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Bandung: PT. Srikandi Empat Widya Utama.


Malang, 06 Nopember 2015
Mengetahui
Kepala SMA Katolik St. Albertus


Br. Antonius Sumardi, O.Carm.
Guru Mata Pelajaran



Hadrianus Oswin J.Y.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM K-13"

Post a Comment